Selamat Datang Hidup Sehat

Penyakit Akibat Kurang Minum.

"Dalam menkonsumsi air minum, kita jarang memperdulikan berapa gelas yang harusnya kita habiskan selama satu hari agar sesuai dengan kebutuhan hidup".

Kita biasanya hanya minum air tatkala merasa haus atau sehabis makan, padahal persediaan air yang cukup dalam tubuh sangat dibutuhkan oleh organ-organ dalam menjalankan tugasnya sebagai bagian dari sistem hidup kita. Air dalam tubuh sangat vital perannya dalam proses pencernaan dan metabolisme. Dalam proses ini, air akan mengangkut vitamin-vitamin dan oksigen untuk memberi makan sel-sel tubuh. Selain itu, air bermanfaat pula sebagai pendingin tubuh melalui proses respirasi (pengeluaran keringat). Air juga meminyaki persendian tulang di seluruh kerangka tubuh kita sehingga kita dapat bergerak dengan leluasa.

Paru-paru kita pun memerlukan air untuk pernafasan. Paru-paru kita harus basah dalam bekerja memasukkan oksigen dan memompakan karbondioksida keluar. Untuk melakukan pernafasan selama satu hari, paru-paru kita memerluakan satu pint atau 0.586 liter air. Kita bisa membuktikan secara langsung penggunaan air oleh paru-paru dengan menghembuskan nafas ke kaca.

Organ tubuh kita yang lain yaitu ginjal juga menggunakan air dalam membersihkan asam urine dan urea. kedua kotoran tubuh ini harus dilarutkan dlam air terlebih dahulu sebelum dibuang bersama air tersebut. Oleh karena itu apabila di dalam ginjal tak tersedia cukup air, kotoran tersebut tidak dapat dikeluarkan dengan lancar. Akibatnya kotoran tubuh akan mengendap dan membentuk batu ginjal.

Fungsi lain dari ari dalam tubuh kita adalah untuk menurunkan berat badan. Menurut Dr. Robertson, Direktur "The Southwest Bariatric Nutrition Centre" di arizona (AS), orang yang ingin mengurangi berat badannya harus banyak minum air. Bila tidak tubuhnya tidak dapat melakukan metabolisme lemak secara baik. "Tubuh juga akan menahan Fluid (cairan) sehingga berat tubuh akan terus meninggkat".

Disamping itu, kurang minum air akan menjadikan kita mengalami berbagai problem di berbagai aspek fisiologi (tubuh). Dr Howard Falks, seorang ahli bariatric (kegemukan) di Baverly Hill, California (AS), mengatakan "kurang cukup minum air akan membuat kita kelebiahan lemak tubuh, pertumbuhan dan kesehatan otot kurang normal, fungsi pencernaan dan organ menjadi kurang efisien, racun (kotoran) bertambah dalam tubuh, dan timbul rasa sakit dalam otot dan persendian".

Lebih mengerikan lagi, enurut Prof. Dr. Benyamin Candra, seorang ahli ilmu penyakit saraf, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Surabaya) mengatakan bahwa kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada pembuluh darah otak (Cerebro Vascular Disease atau CVD) dengan akibat kelumpuhan bahkan kematian. Guru besar ini lebih jauh mengungkapkan penelitiannya di kalangan penduduk di Jawa Timur yang mengalami kekurangan air minum. "Kami menemukan bukan saja penyakit batu ginjal, tetapi juga penduduk mengalami shock akibat dari pengentalan darah".

Sementara Prof. Dr. Frank Yatsu dari Universitas Houston, Texas (AS), mengungkapkan bahwa pengentalan darah yang terjadi akibat kurang minum itu membuat aliran darah menjadi berat. Dengan demikian, suplay oksigen yang diantarkan ke otak menjadi berkurang. Hal ini merupakan awal terjadinya stroke.

Berbagai gangguan pada organ tubuh yang bisa timbul akibat kurang minum air tersebut memang menakutkan. Untuk itu kita perlu berusaha minum cukup air yaitu dua liter air setiap harinya. Setiap derajat meningkatnya suhu udara, ditambah setengah liter lagi (Prof. Dr. Benyamin Candra).

Cintai Tubuh, Jadikan Yang Terbaik

$imggallery->title
Shadow
$imggallery->title
Shadow
$imggallery->title
Shadow